Selasa, 25 Juni 2013

contoh tahap pendewasaan (pruduct coca-cola)




 

Tahap pendewasaan

Pada tahap ini mulai lambat perkembangannya karena produk tersebut walaupun telah cukup di kenal oleh semua pembeli yang potensial, tetapi telah terdapat produk saingan yang telah memasuki pasar sehinggga puncak perolehan laba telah di lampaui. Dalam periode ini besarnya laba yang di peroleh cenderung mulai menurun , karena biaya-biaya yang di keluarkan bertambah unatauk mempertahankan kehidupan produk tersebut di pasar.
Contoh tahap pendewasaan  (maturity)

v  Coca-cola
Dewasa ini penjualan coca-cola cenderung  tidak ada peningkatan (stabil). Di karenakan:

a)      Adanya pesaing-pesaing baru
Untuk saat ini banyak sekali bermunculan produk-produk baru yang di keluarkan oleh pesaing. Hal tersebut membuat konsumen / pelangga coca-cola beralih produk pesaing. Salah satunya adalah harga coca-cola yang tergolong cukup tinggi/ mahal di banding dengan produk pesaing, sebagai contoh ialah produk BIG COLA. Untuk saat ini harga satu buah kemasan big cola Rp.3000,- sementara harga coca-cola Rp.4.950.

b)      Kejenuhan konsumen
Hal lain yang mempengaruhi tidak meningkatnya penjualan ialah kejenuhan konsumen. Salah satu hal yang membuktikan adanya kejenuhan konsumen akan coca-cola adalah
v  Kejenuhan minuman karbonisasi,Banyak ahli gizi mengatakan bahwa Coca-Cola dan minuman ringan lainnya dapat berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan. bahwa mengonsumsi dalam jangka panjang yang teratur menyebabkan osteoporosis pada wanita yang lebih tua (tapi tidak laki-laki). Hal ini diperkirakan karena adanya asam fosfat. Sehingga banyak konsumen yang beralih ke produk minuman isitonik, jus, minuman teh botol.
v  Konsumen yang mulai jenuh karena coca-cola yang statis dalam pengembangan produk yang kurang bervariasi.

c)      Strategi pemasaran kurang efektif

Strategi pemasaran Coca Cola dinilai kuno, dengan inovasi dan ekspansi yang lambat dalam mengatasi pesaing dan memenuhi keinginan pasar. Coca-Cola saat ini membutuhkan penyegaran baru sehubungan dengan beberapa masalah yang dihadapinya.
Banyak yang harus dibenahi dalam strategi perencanaan dan pemasaran Coca Cola agar bisa bersaing dengan perusahaan sejenis. Misalnya Pengembangan Pasar dimana perusahaan memperkenalkan produk saat ini ke area geografis yang baru, Diversifikasi Konsentrik dimana perusahaan menambah produk baru yang masih berkaitan dengan produk lama dan Strategi Kepemimpinan Harga dimana perusahaan berusaha menjadi perusahaan yang berbiaya rendah karena semakin tingginya tingkat persaingan.
Kekuatan merek sebaiknya ditunjang dengan promosi yang kontinuitas, ekspansi pasar, dan inovasi produk yang terukur


STRATEGI RAPID SKIMING
Strategi ini di jalankan dengan menetapkan tingkat harga penjualan dan tingkat promosi yang tinggi. Berukut strategi yang di jalan kan coca-cola:
·         Program promosi
Mereka mempunyai program promosi yang beragam, yang tidak hanya untuk meningkatkan penjualan dan pemasaran, tetapi juga meningkatkan loyalitas konsumen terhadap produk
·         Layanan konsumen
Di Coca-Cola, Customer Service System (CSS), sistem pelayanan pelanggan, didesain untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas konsumen secara terus-menerus terhadap produk-produk Coca-Cola dengan menyediakan pelayanan yang optimal kepada seluruh pelanggan berdasarkan kebutuhan mereka masing-masing
·         Area marketing contractor
Terbatasnya sumberdaya dan kemampuan untuk melakukan pengembangan daerah tertentu, sekaligus komitmen untuk menciptakan peluang kerja yang luas di sektor informal, mendorong Coca-Cola untuk secara serius dan berkesinambungan mengembangkan jaringan Distribusi Tak Langsung (Indirect Distribution) berbasis Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia
·         Layanan produk pendingin
Riset membuktikan bahwa 90% konsumen Coc-Cola ebih menyukai membeli produk dalam keadaan dingin. Hal ini menunjukkan bahwa peranan Cold Drink Equipment (peralatan pendingin) sangat penting dalam meningkatkan pertumbuhan penjualan dan mendorong tingkat keuntungan para pelanggan.
·         Horreca
Dengan bekerjasama dengan berbagai Hotel, Restaurant, dan Café ternama, Coca-Cola memberikan beragam penawaran menarik melalui program HoReCa ini

0 komentar:

Posting Komentar