Tahap pendewasaan
Pada tahap ini mulai lambat perkembangannya karena
produk tersebut walaupun telah cukup di kenal oleh semua pembeli yang
potensial, tetapi telah terdapat produk saingan yang telah memasuki pasar
sehinggga puncak perolehan laba telah di lampaui. Dalam periode ini besarnya
laba yang di peroleh cenderung mulai menurun , karena biaya-biaya yang di
keluarkan bertambah unatauk mempertahankan kehidupan produk tersebut di pasar.
Contoh tahap pendewasaan (maturity)
v Coca-cola
Dewasa
ini penjualan coca-cola cenderung tidak
ada peningkatan (stabil). Di karenakan:
a)
Adanya
pesaing-pesaing baru
Untuk
saat ini banyak sekali bermunculan produk-produk baru yang di keluarkan oleh
pesaing. Hal tersebut membuat konsumen / pelangga coca-cola beralih produk
pesaing. Salah satunya adalah harga coca-cola yang tergolong cukup tinggi/
mahal di banding dengan produk pesaing, sebagai contoh ialah produk BIG COLA. Untuk saat ini
harga satu buah kemasan big cola Rp.3000,- sementara harga coca-cola Rp.4.950.
b)
Kejenuhan
konsumen
Hal
lain yang mempengaruhi tidak meningkatnya penjualan ialah kejenuhan konsumen.
Salah satu hal yang membuktikan adanya kejenuhan konsumen akan coca-cola adalah
v Kejenuhan minuman karbonisasi,Banyak ahli gizi mengatakan
bahwa Coca-Cola dan minuman ringan lainnya dapat berbahaya jika dikonsumsi
secara berlebihan. bahwa mengonsumsi dalam jangka panjang yang teratur
menyebabkan osteoporosis pada wanita yang lebih tua (tapi tidak laki-laki). Hal
ini diperkirakan karena adanya asam fosfat. Sehingga banyak konsumen yang
beralih ke produk minuman isitonik, jus, minuman teh botol.
v Konsumen yang mulai jenuh karena coca-cola yang statis
dalam pengembangan produk yang kurang bervariasi.
c)
Strategi
pemasaran kurang efektif
Strategi pemasaran Coca Cola dinilai
kuno, dengan inovasi dan ekspansi yang lambat dalam mengatasi pesaing dan
memenuhi keinginan pasar. Coca-Cola saat ini membutuhkan penyegaran baru
sehubungan dengan beberapa masalah yang dihadapinya.
Banyak yang harus dibenahi dalam
strategi perencanaan dan pemasaran Coca Cola agar bisa bersaing dengan
perusahaan sejenis. Misalnya Pengembangan Pasar dimana perusahaan
memperkenalkan produk saat ini ke area geografis yang baru, Diversifikasi
Konsentrik dimana perusahaan menambah produk baru yang masih berkaitan dengan
produk lama dan Strategi Kepemimpinan Harga dimana perusahaan berusaha menjadi
perusahaan yang berbiaya rendah karena semakin tingginya tingkat persaingan.
Kekuatan merek sebaiknya ditunjang dengan promosi yang kontinuitas, ekspansi pasar, dan inovasi produk yang terukur
Kekuatan merek sebaiknya ditunjang dengan promosi yang kontinuitas, ekspansi pasar, dan inovasi produk yang terukur
STRATEGI
RAPID SKIMING
Strategi ini di jalankan dengan
menetapkan tingkat harga penjualan dan tingkat promosi yang tinggi. Berukut
strategi yang di jalan kan coca-cola:
·
Program promosi
Mereka
mempunyai program promosi yang beragam, yang tidak hanya untuk meningkatkan
penjualan dan pemasaran, tetapi juga meningkatkan loyalitas konsumen terhadap
produk
·
Layanan konsumen
Di
Coca-Cola, Customer Service System (CSS), sistem pelayanan pelanggan, didesain
untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas konsumen secara terus-menerus
terhadap produk-produk Coca-Cola dengan menyediakan pelayanan yang optimal
kepada seluruh pelanggan berdasarkan kebutuhan mereka masing-masing
·
Area marketing
contractor
Terbatasnya
sumberdaya dan kemampuan untuk melakukan pengembangan daerah tertentu,
sekaligus komitmen untuk menciptakan peluang kerja yang luas di sektor
informal, mendorong Coca-Cola untuk secara serius dan berkesinambungan
mengembangkan jaringan Distribusi Tak Langsung (Indirect Distribution) berbasis
Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia
·
Layanan produk
pendingin
Riset
membuktikan bahwa 90% konsumen Coc-Cola ebih menyukai membeli produk dalam
keadaan dingin. Hal ini menunjukkan bahwa peranan Cold Drink Equipment
(peralatan pendingin) sangat penting dalam meningkatkan pertumbuhan penjualan
dan mendorong tingkat keuntungan para pelanggan.
·
Horreca
Dengan
bekerjasama dengan berbagai Hotel, Restaurant, dan Café ternama, Coca-Cola
memberikan beragam penawaran menarik melalui program HoReCa ini
0 komentar:
Posting Komentar