Selasa, 06 Januari 2015

MAKALAH SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

tugas makalah "SISTEM INFORMASI MANAJEMEN" bagi yang ingin copas silahkan saja. asalkan tidak menyalahgunakan hal ini.
bagi yang mau DOWNLOAD EBOOKNYA silahkan klik tombol..
BAB I
PENDAHULUAN
1.      LATAR BELAKANG
Dalam perkembangan di era tanpa batas ini, segala informasi jenis apapun bisa kita dapatkan dengan mudah. Bukan hanya kebutuhan rohani dan jasmani yang kita perlukan. Namun kebutuhan akan informasi  kerap sekali kita rasakan saat kita sebagai membutuhkan suatu hal. Tentunya sebagai manusia yang haus informasi paling update, yang terbayang di dalam pikiran kita pastinya hanyalah “ambil gadget, buka laptop, atau perangkat lainnya yang dapat mengakses jaringan internet”. Internet adalah jaringan komputer yang saling terhubung ke seluruh dunia tanpa mengenal batas teritorial, hukum dan budaya
Dapat kita bayangkan apabila dunia tanpa internet. Yang pasti semua manusia pada zaman sekarang masih menggunakan cara-cara lama untuk berkomunikasi antara satu dengan lainnya. Baik dalam suatu wilayah,regional,ataupun antar benua. Tidak bisa di bayangkan jika hal semacam itu terjadi.  surat menyurat, majalah, Koran, dan media lainnya masih buming atau di gunakan untuk keperluan individu, organisasi, dan instansi/institusi sebagai proses dari komunikasi.
Sekarang ini bisa kita rasakan fungsi dan manfaat dari internet, mulai dari memudahkan dalam komunikasi seperti, berkomunikasi dengan memanfaatkan E-mail, video call, sosial media. Selain itu internet menyungguhkan kecepatan transfer data yang cepat. Sehingga tidak membutuhkan waktu yang panjang dari pengirim data ke penerima data. Sebagai Transfer data sering kali digunakan suatu perusahaan pusat ke cabang perusahaan yang berjarak ratusan kilometer atau antar benua. Dengan ada nya internet proses transfer data relatif lebih cepat dan singkat. Tidak membutuhkan waktu berjam-jam bahkan berhari-hari sampainya data ke penerima.    


2.      RUMUSAN MASALAH
Adapun yang menjadi rumusan masalah dari uraian pendahuluan latar belakang di atas , antara lain sebagai berikut :
1)      Dalam proses perkembangannya, sejarah internet masih kurang di ketahui bagi sebagian orang.
2)      Pada proses penggunaannya yang kita tahu hanyalah  internet sebagai penyedia informasi saja, namun masih adakah fungsi dan manfaat internet lainnya.
3)      Pola perubahan dunia bisnis salah satunnya di pengaruhi oleh internet. Internet seperti apa yang di gunakan untuk kepentingan bisnis dan perusahaan untuk mencapai tujuannya.
4)      Proses sistem informasi management dan pengkomunikasiaannya dalam internet.
5)      Peraturan tentang penggunaan internet di Indonesia.

3.      TUJUAN
            Ada beberapa tujuan yang melatar belakangi dalam pembuatan makalah ini. Antara lain sebagai berikut:
1)      Memenuhi tugas  yang diberikan dosen  mata kuliah kewiraswastaan secara kelompok.
2)      Menumbuhkan jiwa kreatif dan mandiri atau kelompok .
3)      Untuk mengetahui sistem informasi management di dalam internet.
















BAB II
PEMBAHASAN


1.      SEJARAH INTERNET
Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).
            Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.
                Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.
                Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

2.      FUNGSI INTERNET
1)      Kita dapat menemukan berbagai informasi dengan lebih cepat dan tentu saja murah, melalui: email, web, media iklan, media video, media jejaring sosial seperti Facebook Twitter.
2)      Fungsi internet untuk sarana promosi, antara lain: Profile Perusahaan dipromosikan dengan fungsi internet yang dapat menyajikan informasi profile perusahaan dengan animasi, sehingga dapat menarik dan menggambarkan image perusahaan itu sendiri.
3)      Pendidikan yang modern yaitu pendidikan yang memanfaatkan fungsi internet sebagai e-learning.
4)      Fungsi internet yang ditekannkan pada komersialnya, mendapatkan keuntungan yaitu familiar dengam sebutan e-commerce.
5)      erjadinya perkembangan setiap masa yaitu fungsi internet sebagai penelitian dan sekaligus perkembangan penelitian itu sendiri.
6)      Fungsi internet yang dijadikan untuk berkomunikasi interaktif diantaranya: Berkomunikasi dengan memanfaatkan internet yang juga bisa Video Conferencing. Fungsi internetsebagai komunikasi VOIP (Voice Over Internet Protocol), berkomunikasi dengan memanfaatkan jaringan raksasa internet.
7)      Banyak komunitas-komunitas yang berkumpul untuk saling berbagi pengetahuan dan pengalamannya dalam hobby kesukaan, disini manfaat internet ada 2 yaitu:
a)      Mudahnya dalam mendaftar atau bergabung dengan cara registrasi yang tidak memakan waktu banyak.
b)      Manfaat internet berupa forum goroup, sebagai wadah tempat berkumpul yang efisien.

3.      SISTEM INFORMASI MANAGEMENT SEBELUM INTERNET MUNCUL
            Pada awalnya Teknologi Informasi yang dikembangkan manusia pada masa ini berfungsi sebagai sistem untuk pengenalan bentuk-bentuk yang mereka kenal, mereka menggambarkan informasi yang mereka dapatkan pada dinding-dinding gua, tentang berburu dan binatang buruannya.
·         Masa 3000 SM Untuk pertama kali tulisan digunakan oleh bangsa Sumeria dengan simbol-simbol yang dibentuk dari pictograf sebagai huruf. Simbol atau huruf-huruf ini juga mempunyai bentuk bunyi yang berbeda (penyebutan), sehingga mampu menjadi kata , kalimat dan bahasa.
·         Masa Sejarah (3000 SM s/d 1400-an M)
1)      2900 SM Pengunaan huruf hierogliph pada bangsa Mesir kuno.
2)       500 SM Serat papyrus digunakan sebagai kertas.
3)      105 M Bangsa Cina menemukan kertas.


v  MASA MODERN (1400-AN M S/D SEKARANG)
                  Mesin cetak yang menggunakan plat huruf terbuat dari besi yang dapat diganti-ganti dalam bingkai yang terbuat dari kayu dikembangkan untuk yang pertama kalinya oleh Johann Guntenberg. Lama-kelamaan perkembangan teknologi semakin berkembang seiring dengan kemajuan zaman, sehingga Sistem bisnis dalam bidang IT pertama kali terjadi ketika CERN dalam menanggulangi biaya operasionalnya memungut bayaran dari para anggotanya. Pada tahun 1992 pembentukan komunitas internet, kemudian diperkenalkan istilah World Wide Web (WWW) oleh CERN.
                 Pada tahun 1993, NSF membentuk interNIC untuk menyediakan jasa pelayanan internet menyangkut direktori dan penyimpanan data serta database (oleh AT&T), jasa registrasi (oleh Network Solution Inc),dan jasa informasi (oleh General Atomics/CERFnet).Pada tahun 1994 pertumbuhan internet melaju dengan sangat cepat dan mulai merambah ke dalam segala segi kehidupan manusia dan menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari manusia.Tahun 1995, perusahaan umum mulai diperkenankan menjadi provider dengan membeli jaringan di Backbone.Langkah ini memulai pengembangan teknologi informasi khususnya internet dan penelitian-penelitian untuk mengembangkan sistem dan alat yang lebih canggih.

4.      PROSES INFORMASI MANAGEMENT DALAM INTERNET DAN KOMUNIKASINYA

a)      Alamat dan arsitektur internet
Internet didasarkan pada sekumpulan protocol jaringan TPC/IP .jadi  setiap computer  pada internet debierikan suatu alamat protocol internet  (IP address). dan sekarang ini adalah nomor 32 bit yang di presentasikan oleh empat rangkaian nomor dari 0 – 255, di pisahkan oleh tanda titik. Contoh IP dari www.microsoft.com adalah 207.46.250.199

v  Domain name system
Karena sulit untuk mengingat 12 nomor IP, domain name system (DNS) mengubah alamat IP dengan nama domain. Server DNS menelola suatu basis data yang berisi alamat IP yang di petakan ke dalam nama domain yang telah di petakan.




b)     Layanan di internet
Orang-orang menggunakan internet untuk mengontrol  apa yang mereka lakukan melalui perangkat klien pada computer meraka. Seperti, perangkat lunak penjelajah web (browser).
Platfrom sekarang tidak hanya menggunakan PC dan computer lainnya, tetapi juga terlepon seluler,perangkat digital genggam yang kecil,dan perangkat informasi lainnya. Perangkat informasi addalah perangkat seperti telepon yang mendukunginternet atau penerima internet tv untuk akses jaringan internet.

v  Wold wide web
                        World Wide Web, biasa lebih terkenal disingkat sebagai WWW adalah suatu ruang informasi yang dipakai oleh pengenal global yang disebut Pengidentifikasi Sumber Seragam untuk mengenal pasti sumber daya berguna. WWW sering dianggap sama dengan Internet secara keseluruhan, walaupun sebenarnya ia hanyalah bagian daripada Internet.
WWW merupakan kumpulan peladen web dari seluruh dunia yang mempunyai kegunaan untuk menyediakan data dan informasi untuk dapat digunakan bersama.WWW adalah bagian yang paling menarik dari Internet. Melalui web, para pengguna dapat mengakses informasi-informasi yang tidak hanya berupa teks tetapi bisa juga berupa gambar, suara, video dan animasi.
Kegunaan ini tergolong masih baru dibandingkan surat elektronik, sebenarnya WWW merupakan kumpulan dokumen yang tersimpan di peladen web, dan yang peladennya tersebar di lima benua termasuk Indonesia yang terhubung menjadi satu melalui jaringan Internet. Dokumen-dokumen informasi ini disimpan atau dibuat dengan format HTML (Hypertext Markup Language).
Suatu halaman dokumen informasi dapat terdiri atas teks yang saling terkait dengan teks lainnya atau bahkan dengan dokumen lain. Keterkaitan halaman lewat teks ini disebut pranala. Dokumen infomasi ini tidak hanya terdiri dari teks tetapi dapat juga berupa gambar, mengandung suara bahkan klip video. Kaitan antar-dokumen yang seperti itu biasa disebut hipermedia.
Jadi dapat disimpulkan bahwa WWW adalah sekelompok dokumen multimedia yang saling bertautan dengan menggunakan tautan hiperteks. Dengan mengeklik pranala (hipertaut), maka para pengguna bisa berpindah dari satu dokumen ke dokumen lainnya.


Description: C:\Users\ANGGA IEST\Downloads\Music\jkcjks.jpg


·      Cara kerja www ( world wide web )
o   Pengunjung mengetik alamat suatu website, misalnya www.google.com
o   Melalui jaringan internet pengunjung atau user melakukan request alamat www.google.com ke regiter
o   Register adalah perusahaan tempat nama www.google.com terdaftar, kemudian register meminta DNS untuk mencari alamat www.google.com.
o   DNS serever menemukan alamat yang di minta user , lalu memerintahkan hosting server untuk memberikan file-file yang diminta pengunjung / user.
o   File-file hosting diberikan hosting server dan di terjemahkan dan ditampilkan dalam WEB.

c)      Internet dan ekstranet
v  Internet
                 Satu variasi dari teknologi internet adalah Intranet. Sebuah situs web intanet terlihat dan bertindak seperti situs web lainnya, tapi firewall yang mengelilingi sebuah intranet menghalangi sebuah akses yang tidak diinginkan. Intranet dirancang hanya untuk diakses oleh anggota organisasi (pegawai) ,atau orang lain yang berwenang. seperti internet sendiri, intranet digunakan untuk membagi informasi. Intranet tumbuh dengan cepat karena mereka tidak terlalu mahal.
v  Ekstranet
                 Varian lain dalam teknologi internet adalah extranet. Extranet adalah jaringan yang dikontrol dengan password untuk pengguna pribadi. Extranet digunakan untuk menyediakan akses antara database internal partner yang bertukaran. Extranet populer untuk sistem yang menggabungkan supllier.





5.      INTERNET UNTUK DUNIA BISNIS
            Kehadiran internet memberikan pengaruh yang sangat besar khususnya dalam dunia bisnis. Internet menawarkan berbagai kemudahan dalam hal menghubungkan antara seseorang dengan yang lainnya melalui perangkat tertentu. Memudahkan keduanya untuk saling bertukar informasi hingga melakukan bisnis melalui internet. Internet memberikan pengaruh kepada pelaku bisnis dengan kemudahan bertukar informasi sehingga dapat menjalin lebih banyak relasi dengan pelaku bisnis lain ataupun kepada masyarakat luas. Berdasarkan uraian tersebut, dapat dikatakan bahwa perkembangan/kemajuan internet memberikan pengaruh besar terhadap perkembangan dunia bisnis.

a)      Perdagangan Elektronik/ E-business
            E-business adalah mengenai penggunaan teknologi internet untuk melakukan transformasi proses bisnis yang dilakukan. Bentuk e-business yang paling mudah terlihat adalah pembelian barang secara online baik retail maupun grosir. Samantha Shurety.1999. E-business with Net.Commerce. Prentice Hall) .
ü  Alat/Media/Sumber Daya yang Digunakan
ü  Teknologi informasi dan komunikasi
ü  Komputer, data yang telah terkomputerisasi
ü  internet
ü  Keuntungan

ü  Pendekatan yang aman, fleksibel, dan terintegrasi.
ü  Memberikan nilai bisnis yang berbeda.
ü  Efisien.
ü  Peningkatan produktivitas dan keutungan..

b)     Tipe perdagangan melalui internet
            Perdagangan melalui internet memungkinkan perusahaan bisnis dalam berbagai ukuran berinteraksi dalam pusat perbelanjaan virtual yang tersebar diseluruh belahan dunia. Perdagangan elektronik umumnya dibagi kedalam 3 kategori berbeda: Business-to-Consumer, Business-to-Business, dan Consumer-to-Consumer.

a)      Business-to-Consumer adalah pertukaran dari jasa, informasi dan/atau produk dari bisnis ke konsumen menggunakan internet dan teknologi perdagangan elektronik.
b)      Business-to-Business adalah pertukaran jasa, informasi, dan/atau produk dari bisnis ke konsumen menggunakan internet dan teknologi perdagangan elektronik. Saat Business-to-Business memperoleh banyak perhatian dari public, Business-to-Business mempunyai volume perdagangan yang jauh lebih banyak. Business-to-Business pada dasarnya ID dalam internet yang menggunakan Web.
c)      Consumer-to-Consumer adalah model bisnis e-commerce dimana satu konsumen menjual ke konsumen lain menggunakan perantara elektronik atau perusahaan lelang. Salah satu bisnis Consumer-to-Consumer yang apling terkenal adalah eBay.com.

c)      Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi di dunia

                        E-business yang sedang marak di dunia tidak lepas dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, khususnya penggunaan software cross functional enterprise. survey yang dilakukan oleh PWC (2011) memaparkan bahwa software as a service (SaaS) yang diadopsi oleh perusahaan atau organisasi pada kurun waktu terakhir ini lebih banyak digunakan untuk crossfuctional enterprise, yaitu collaboration (64%), customer relationship management (57%), content management systems (50%), enterprise resources planning (48%) dan supply chain management (26%). Paradigma penggunaan software untuk mendukung e-business secara cross-function ternyata sudah melampaui penggunaan untuk single fuction business purposes. Dari hasil survey, penggunaan yang ditujukan untuk fungsi bisnis tradisional hanya untuk office software (36%), financial accounting (31%), human resources (31%).



d)     Teknologi Informasi dan Komunikasi di Indonesia

            Penggunaan internet di Indonesia semakin meningkat dari waktu ke waktu, salah satunya dapat dilihat dari penggunaan Facebook yang kian bertambah dari waktu kewaktu, akan tetapi perkembangan penggunakan TIK di Indonesia tidak sepesat perkembangan penggunaan internetnya.

            Beberapa perusahaan yang sudah menggunakan e-business dalam sistemnya yaitu Bank Mandiri, Bank BCA, dan Bank BNI. Mungkin kita masih mengalami pengambilan uang yang hanya bisa diambil memlaui cabang – cabang yang tersedia saja, sekarang pengambilan uang dan pengecekan saldo sudah bisa menggunakan internet dan berlaku selama 24 jam dalam sehari, keuntungan yang di peroleh bank bila menggunakan system ini adalah mengurangi human error dalam transaki keuangannya, meningkatnya kualitas pelayanan nasabah, menghemat biaya oprasional, dan masi banyak lagi.

            Selain internet sebagai E-bussnis dan sering digunakan oleh beberapa pengusaha atau pelaku bisnis. internet yang dapat di akses dalam berbagai media. Seperti yang di langsir oleh badan pusat statistik (BPS) Indonesia.






Persentase Penduduk yang Pernah Mengakses Internet dalam 3 bulan Terakhir Menurut Media/Lokasi, 2010 – 2012







Tahun
Media/Lokasi Mengakses Internet
Rumah
Warnet
Telepon Seluler
Kantor
Sekolah
Lainnya







2010
24.25
47.34
51.25
19.30
14.78
5.70
2011
25.15
43.91
51.38
16.65
14.12
8.48
2012
24.76
37.43
57.92
15.86
13.61
12.75







Sumber: Diolah dari hasil Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas)






Persentase Penduduk yang Pernah Mengakses Internet dalam 3 bulan Terakhir Menurut Klasifikasi Daerah, 2010 - 2012




Tahun
Klasifikasi Daerah
Perkotaan + Perdesaan
Perkotaan
Perdesaan




2010
17.74
4.16
10.92
2011
19.53
5.08
12.28
2012
23.04
6.31
14.70




Sumber: Diolah dari hasil Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas)


BAB III
PENUTUP

KESIMPULAN

Internet adalah jaringan komputer yang saling terhubung ke seluruh dunia tanpa mengenal batas teritorial, hukum dan budaya. Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon.

Dalam segi system informasi managementnya internet Internet didasarkan pada sekumpulan protocol jaringan TPC/IP .jadi  setiap computer  pada internet debierikan suatu alamat protocol internet  (IP address). dan sekarang ini adalah nomor 32 bit yang di presentasikan oleh empat rangkaian nomor dari 0 – 255, di pisahkan oleh tanda titik. Contoh IP dari www.microsoft.com adalah 207.46.250.199Karena sulit untuk mengingat 12 nomor IP, domain name system (DNS) mengubah alamat IP dengan nama domain. Server DNS menelola suatu basis data yang berisi alamat IP yang di petakan ke dalam nama domain yang telah di petakan. Dan dari layanan interne terdapat World Wide Web, biasa lebih terkenal disingkat sebagai WWW adalah suatu ruang informasi yang dipakai oleh pengenal global yang disebut Pengidentifikasi Sumber Seragam untuk mengenal pasti sumber daya berguna. WWW sering dianggap sama dengan Internet secara keseluruhan, walaupun sebenarnya ia hanyalah bagian daripada Internet.

Selain sebagai suatu jaringan  computer, internet juga sering di gunakan sebagai media bisnis (E-business). Yaitu perusahaan bisnis dalam berbagai ukuran berinteraksi dalam pusat perbelanjaan virtual yang tersebar diseluruh belahan dunia. Perdagangan elektronik umumnya dibagi kedalam 3 kategori berbeda: Business-to-Consumer, Business-to-Business, dan Consumer-to-Consumer.
DAFTAR PUSTAKA

·         Cara Kerja Www, Diagram & Jenis Website Dari Berbagai Kategori, eredekstop.com, di akses tanggal 17 april 2014. Dari : www. eridekstop.com

·         Kenneth C ,laudon , 2007. Sistem informasi management,edisi 10, Jakarta: salemba empat

·         Sejarah Internet,Wikipedia bahasa Indonesia, di akses tanggal 13 april 2014. Dari : Sejarah Internet - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas.htm


·         Situs web,Wikipedia bahasa Indonesia, di akses tanggal 17 april 2014. Dari : Situs web - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas.htm

0 komentar:

Posting Komentar